Hukum Kelembaman

Posted: April 21st, 2011 | Author: | Filed under: Home | No Comments »

Masih inget gak sama hukum kelembaman (kemalasan) suatu benda? Seingetku sih, hukum kelembaman ini dipelajari pas SMA kelas X (kalo gak salah inget ya. 14 Hukum Kelembaman ). Apa sih hukum kelembaman itu?

Hukum kelembaman menyatakan bahwa suatu benda akan berusaha untuk mempertahankan  keadaan asalnya.

Nah, manusia juga tidak luput dari hukum kelembaman itu, di sini manusia juga tergolong sebagai ‘benda’. Dalam ilmu fisika tidak ada yang namanya makhluk hidup, semua itu benda yang bisa dihitung secara matematis. Oleh karena itu, manusia tidak bisa mengelak dari hukum kelembaman.

Aku jadi inget hukum kelembaman ini gara-gara isu yang sekarang lagi santer diperbincangkan oleh mahasiswa-mahasiswa kampusku (IT Telkom) di dunia maya. Apa itu? Masalah seragam kuliah.

So, di kampus lagi rame banget ngomongin pro kontra masalah seragam kuliah. Dan berdasarkan hasil survei, ternyata mahasiswa lebih memilih memakai seragam kuliah ketimbang pakaian bebas. Tuh kan, kelembaman manusia.

Ngomong-ngomong masalah seragam, beberapa temen-temen memberi komentar, seragam sekolah itu biar gak terlalu kelihatan kesenjangan sosial antar mahasiswa. Uhhh, alasan KLASIK!!! Itu kan alasan buat anak-anak SD biar mau pake seragam. Menurutku sih, hina sekali orang yang memandang status sosial seseorang dari pakaiannya. Biar gak pake seragam, buktinya sampe saat ini juga kelihatan banget kan status sosial yang ada. Lihat aja handphone yang dipake, antara yang jalan pake 4 kaki sama 2 kaki..

Dan yang paling gak masuk akal adalah alasan-alasan mahasiswa-mahasiswa yang anti-seragam. Contoh: Seragam membatasi kreativitas mahasiswa. (Apa hubungannya??)

Ok, jadi intinya, hukum kelembaman itu alami, gak percaya? buktikan sendiri!